Home » » Cara menjual produk yg kurang laku

Cara menjual produk yg kurang laku

Cara  menjual  produk  kurang  laku
Saat  ini  berjualan  online  cukup  diganderungi  oleh  masyarakat  indonesia,  selain  mudah  dilakukan  berjualan  online  juga  memiliki  pasar  yg  sangat  tidak  terbatas.  Meski  demikian  berjualan  online  tetap  memiliki  resiko  kegagalan  seperti  pada  umumnya  jika  kita  tidak  dapat  melakukan cara  menjual  produk  yg  tepat  dan  benar.
Terlebih  lagi  produk  yg  sering  mendapat  banyak  penolakan  dari  konsumen, hal  ini  merupakan  ujian  berat  yg  perlu  kita  sikapi  dengan  serius  agar  bisnis  dapat  berjalan  mulus  layaknya  yg  kita  harapkan.
Melihat  produk  tidak  laku   hingga  menumpuk  sepastinya  membuat  kita  gerah, banyak  kiat - kiat  mungkin  sudah  dilakukan  dengan  tujuan  produk  terjual  laris  manis  namun  kenyataannya  lagi-lagi  hasilnya  tidak  jauh  beda  alias  masih  belum  terjual.

Apa  yg  perlu  kita  lakukan  ketika  produk  yg  kita  jual  kurang  laku..?


A. Pahami  konsumen  anda.

cara memahami konsumen

Seringkali  penjual  kurang  memahami  target  market  dalam  menjual  produk  sehingga  produk  sering  mendapat  penolakan  yg  pada  akhirnya  produk  tidak  laku.
 Memahami  siapa  calon  konsumen  penting  sebagai  akurasi  pemasaran  yg  kita  lakukan.

Coba  anda  bayangkan,  ketika  anda  menawarkan  produk  popok  bayi  kepada  orang  yg  belum  memiliki  buah  hati,  tentu  saja  orang  yg  anda  tawari  tidak  akan  membeli  produk  popok  bayi  yg  anda  jual.
Jadi  memahami  konsumen  sepatutnya  kita  ketahui  sebelum  turun  gunung  ke  medan  pemasaran  agar  produk  yg  kita  jual  sesuai  dengan  yg  kita  harapkan.
selain  memahami  konsumen  memahami  kompetitor  wajib  anda  lakukan  sebaik-baiknya  karena  kemungkinan  besar  penawaran  yg  anda  lakukan  kalah  menarik  dari  kompetitor  anda,  bukan  itu  saja  kemungkinan  besar  masih  banyak  kekurangan  yg  anda  miliki  mengakibatkan  konsumen  tidak  tertarik  berbelanja  ke toko  anda.

Baca  juga :   Cara  menjual  produk  di internet

B. Harga  produk.

B. Harga  produk.
Sebagai  penjual  memang  betul  pelaku  usaha  berhak  mematok  harga  jual  seberapapun yg  mereka  inginkan,  namun  yg  perlu  kita  sadari  ialah  harga  jual  dari  kompetitor. Jika  harga  yg  anda  jual  lebih  mahal  dari  kompetitor  anda  kemungkinan  ini  alasan  produk  anda  kurang  laku.

 Terkecuali  jika  anda  memiliki  teknik  marketing  atau  pemasaran  yg  baik, barang  mahal  sekalipun  anda  akan  mampu  mencetak  penjualan  produk  dengan  baik.  Namun  persoalan  ini  tidaklah  mudah  dan  tidak  juga  dapat  kita  lakukan  dengan  menelan  waktu  yg  singkat.
Maka  lakukan  riset  dan  tentukan  harga  produk  sesuai  harga  pasar  sebelum  anda  turun  memasarkan  produk  yg  anda  jual  dan  jangan  anda  lupakan  upayakan  untuk   merebut  perhatian  konsumen  agar  anda  juga  dapat  mengimbangi  persaingan  dalam  menjaring  konsumen.

Harga  menjadi  fenomena  yg  wajar  anda  imbangi,
Pada  saat  anda  membeli  kaos  merek x  dengan  harga  Rp.100.000  kemudian  anda  tanpa  sengaja  menjumpai  kaos  yg  sama  di jual  dengan  harga  Rp.30.000


C. Penempatan.

 Penempatan.
Penempatan  mungkin  salah  satu  alasan  barang  yg  anda  jual  kurang  laku, Bagaimana  mungkin  seorang  pembeli  akan  membeli  barang  yang  kurang  laku  tanpa  sepengetahuan  mereka  jika  anda  sendiri  tidak  memetakan  penempatan  yang  baik,  atau  mungkin  produk  yg  diharapkan  menjadi  best  seller  karena  margin  yg  didapat  cukup  menarik. Tentunya  penempatan  harus  kita  perhatikan.
Tempatkan  produk  pada  bagian  muka  dan  akhir  dalam  satu  kumpulan  produk  toko  fisik  agar  pengunjung  dapat  melihatnya, hal  ini  dapat  dibuktikan  dari  hasil  temuan  penelitian  psikologi (Hermann Ebbinghaus ) yg  disebut "Efek posisi Serial (Serial position effect )" adalah kecenderungan seseorang untuk mengingat item pertama dan terakhir dalam seri terbaik, dan barang-barang yang tengah terburuk. contoh  sederhana  juga  dapat  kita  buktikan  ketika  kita  mengingat  10  daftar  makanan  maka  otak  manusia cenderung  lebih  mudah  mengingat  daftar  makanan  yg  pertama  dan  terakhir.
Lain  daripada  itu  adapun  "Efek keutamaan (Primacy effect)  menghasilkan  manusia  mengingat  informasi  utama  yg  disajikan  lebih  baik  daripada  informasi  yg  disajikan  setelahnya.

Kasus  seperti  ini  kerap  terjadi  dalam  kehidupan  kita  misalnya  tentang  kisah  jatuh  cinta  pada  titik  pandang  pertama  yg  sering  di jumpai  di  kalangan  kaula  muda.

Selain  itu  mungkin  pernah  anda  temui  sesaat  anda  membeli  produk  di sebuah  toko. Pada  saat  anda  melihat  tatanan  barang  toko  ketika  itu  pula  anda  tertarik  melihat  barang  yg  pertama  anda  lihat  di  bagian  muka. Namun  anda  masih  bergegas  untuk  menelusuri  hingga  di ruangan  hilir  toko. Beberapa  saat  kemudian  setelah  anda  menggilir  seluruh  barang  anda  menimbang  serta  memutuskan  mengambil  barang  yg  pertama  kali  anda  lihat.
Kasus  ini  juga  banyak  terjadi, oleh  sebab  itu  andai  kata  saat  ini  produk  yg  anda  jual  tidak  laku  ubah  penempatannya  ke  bagian  paling  depan, pastikan  produk  tersebut  di lihat  pertama  oleh  pengunjung  anda.


D. Menggalakan  promosi.


Melancarkan  promosi  gila  misalnya  menjual  dengan  diskon  50%, promo  cuci  gudang  dan  lain - lain  adalah  satu  langkah  konseptual  yang  membantu  mengangkat  penjualan  dari  stagnan  menjadi  prima.
Mungkin  tak  asing  lagi  ketika  anda  mengunjungi  super  market  anda  pernah  menemui  promosi  gila,  sadarkah  anda  hal  itu  merupakan  program  yang  di tujukan  untuk  mengatasi  penjualan.
Menariknya  lagi  taktik  ini  memang  terbukti  ampuh  melonjakan  penjualan  barang  yang  semasa  ini   bercokol  di gudang.
Namun  yang  perlu  di garis  bawahi  ketika  anda  menggelar  promo  cuci  gudang  pemilihan  tanggal  dan  hari  harus  anda  pahami  dengan  hati - hati.

E. Teknik Copy writing.

Copy writing.
Bagi  yg  mendirikan  basis  bisnisnya  di  internet  bisa  kita  simak  bersama  apapun  yg  kita  nikmati  di  ranah  online  ialah  konten  baik  itu  dikemas  dalam  bentuk  tulisan  maupun  gambar  dan  video.  Maka  sebagai  pemasar  tentu  kita  diharuskan  mampu  merangkai  konten  yg  baik  dan  menarik  diutamakan  konten  yg  dapat  merangsang   dan  memicu  konsumen  untuk  membeli.

Apakah  konten  penting  dalam  menjual  produk...???
Tentu  saja  sangat  penting,  karena  jika  anda  dapat  merancang  konten  yg  efektif  untuk  produk  yg  anda  jual  maka  anda  dapat  meningkatkan  konversi  penjualan.
Dengan  membuat  copywriting  anda  dapat  mengendalikan  pembaca  untuk  membeli  produk  yg  anda  jual.
Pertanyaannya ,  bagaimana  konsumen  akan  membeli  produk  anda, apabila  kenyataannya  mereka  enggan  melihat  penawaran  anda..
Oke  mulai  saat  ini  anda  sebagai  penekun  bisnis  melalui  internet  anda  di tugaskan  untuk  menyusun  copywriting  dengan  teknik - teknik  yg  baik.

F. Ubah Mental  mudah  menyerah.

Mental  mudah  menyerah.
Selaku  penggiat  bisnis  fondasi  utama  untuk  membangun  kesuksesan  dimulai  dari  mental.  tidak  sedikit  calon  pengusaha  lebih  mengutamakan  modal  materi  ketimbang  ilmu  dan  mental  bisnis. Padahal  kenyataannya  ketahanan  mental  beserta  ilmu  adalah  bekal  sekaligus  ujung  tombak  kesuksesan  yg  akan  kita  raih.
Disaat  barang  dagangan  sepi  pengusaha  tanpa  mental  cenderung  menyerah  tanpa  upaya,  menariknya  pengusaha  bermental  lebih  menganggapnya  sebagai  tantangan  yg  sudah  umum terjadi   bagi  setiap  pelaku  usaha.
Oleh  sebab  itu  harga  kesuksesan  tidak  dapat  ditunaikan  dengan  uang  melainkan  dengan  mental  dan  ilmu  yg  anda miliki.


#AGUSTIONO

Recents

Powered by Blogger.

Facebook

Comments

Ads

Random Posts

Recent Posts

Popular